PAGES

Sabtu, 02 Juli 2011

Mbah Surip Meninggal dunia..

"Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un : Konsep untuk orang hidup!"
"Sesungguhnya semua berasal dari Allah, dan akan kembali kepada Allah"
Apa sih yang selama ini dikejar sama manusia.... harta? jabatan? kesuksesan?
Coba saya ambil contoh dari fenomena yang sempat terjadi beberapa waktu lalu.. "Caleg Stres". Kenapa si caleg-caleg itu bisa pada stres? Ada yg bunuh diri, ada yang jalan2 bertamasya tanpa busana, yang paling mending masuk ke tempat2 rahabilitasi mental.
Astaghfirullaaaah~~ dari situ kita nilai sendiri aja deh apa yang mereka kejar klo mereka jadi anggota dewan, yang jelas klo tujuan mereka adl "mau bermanfaat utk bangsa dan negara", yaa ga usah pake stres gitu kali yaa.. masih banyak jalan buat jadi bermanfaat buat Indonesia. Alhamdulillaah... untung mereka ga dapet kursi, klo dapet apa jadinya Bangsa kita? Dipimpin sama orang-orang yang hanya siap untuk menang, tidak siap untuk kalah.. Siap untuk senang, tidak siap untuk susah!
Itu cuma satu contoh dari banyaknya tujuan hidup manusia yang ada di dunia..
Tujuan manusia hidup di Dunia ini menurut Yang Menciptakan manusia itu katanya gini:
"Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun" (Q.S al-Mulk:2)
Allah itu menciptakan kehidupan manusia di bumi ini utk diuji dan dilihat siapa yang lebih baik amalnya. Amal berasal dari bhs arab yang artinya kerja (http://id.wikipedia.org/wiki/Amal), sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), amal berarti perbuatan. Kalo saya kembangin sendiri arti amal itu adalah segala perbuatan baik moril atau materiil yang kita lakukan. Jadi pengertian saya dari Surat al-Mulk itu maksudnya kita hidup di Bumi ini untuk berlomba-lomba berbuat dan memberi segala sesuatu yang terbaik yang kita bisa. Orientasinya bukan sekedar duniawi, tapi berbuat sesuatu yang bisa dibawa mati.
Sambil mengingatkan diri saya sendiri untuk selalu melangkah, berbuat, berkata segala hal yang benar-benar ada manfaatnya, bukan hanya bermanfaat di dunia, tp juga di akhirat. Satu hadis shahih riwayat Abu Hurairah yang selalu saya ingat,
"Apabila seorang anak Adam meninggal, maka akan terputus amalannya kecuali tiga perkara : shadaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan kepadanya".
Mengutip dari buku Akhlaq Tasawuf (Mustaqim, Abdul. 2007: 134-136), bahwa dalam hidup, manusia harus memliki kesadaran bahwa ia sesungguhnya milik Allah dan hanya akan kembali kepada-Nya. Maka sebanyak apapun dunia yang ia raih, jgn lupa bahwa itu semua dari Allah dan pada saatnya ia akan kembali kepada-Nya. Orang yang pandai adalah orang yang mau beramal untuk dirinya sendiri, artinya jika kita menolong orang lain dengan harta kita misalnya, maka itu berarti kita mengeluarkan zakat, infaq, shadaqah, semua itu sesungguhnya amal buat kita sendiri.
Nabi Isa As. juga pernah berkata "Siapa yang mau membangun rumah di atas ombak lautan? itulah perumpamaan dunia, maka janganlah kalian jadikan dunia itu sebagai tempat tinggal."
Jadi ayoo kita inget2 apa aja yang udah disiapin buat dibawa matiii..?
HAH HAH HAH..
:D
CMIIW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini